PM SIAP Ikut Bantu Evakuasi Banjir di Jakarta

Bismillaah…

Tingginya debit air di bendung Katulampa kemarin (5/2) dan curah hujan yang cukup tinggi memberi peringatan dini bagi warga Jakarta. Pun Petualang Muslim segera membentuk tim giat banjir. Berbekal perahu karet beserta perlangkapannya, tim PM SIAP membantu evakuasi di beberapa titik banjir di Jakarta.

Semoga banjir ini tidak berlanjut. Wa bil khusus bagi tim PM SIAP, jazakumullaah khair untuk kerjasamanya.

PM SIAP!

Persiapan Pembukaan Pendaftaran Petualang Muslim 2018

Asalamualaikum..
InsyaAllah pertengahan bulan Februari 2018 ini, Yayasan Petualang Muslim ( PM ) akan mengadakan Tarbiyah Alam Rimba (TAR) ke III  yang merupakan bagian dari penerimaan anggota baru Petualang Muslim 2018.

Siapkan diri antum semua untuk siap bergabung menjadi bagian dari kami.
Ahlan Ikhwan!

– Aulia Ibnu (Ketum Petualang Muslim)

Tanggap Purworejo

Tahukah anda bahwa sejak Selasa (26/12) sekitar 750 warga Desa Wonotopo, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo mengungsi dari rumah-rumah mereka ke tenda-tenda pengungsian?

Ya, mereka mengungsi akibat gempa yang disusul oleh pergerakan tanah. Disposisi tanah bila merujuk pada bencana di Ponorogo beberapa waktu lalu, akan diikuti oleh longsor, semoga tidak terjadi.

Peristiwa ini belum banyak diberitakan oleh media-media nasional mainstream, dan luput dari pembicaraan di ruang-ruang sosial media.

Petualang Muslim mendapat kabar langsung dari kerabat yang tinggal di lokasi. Malam tadi (29/12), tim PM SIAP (Siaga, Inisiatif, Aksi, Persaudaraan) telah bergerak menuju lokasi bencana untuk melakukan assesment. Hasilnya insyaa Allaah akan kami sampaikan kepada Sahabat PM melalui fanspage ini.

Siapkan infaq terbaik anda. Mari tutup tahun ini dengan amal shalih.

PM SIAP!

Mengapa Harus Mendaki Leuser ?

Gunung Leuser dan area disekitarnya dikenal dengan nama Kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Ada sekira 130 spesies dapat diidentifikasi di Taman Nasional Gunung Leuser, yaitu: harimau sumatera, gajah, badak, siamang, kera, macan tutul, reptil, ikan, dan juga 325 spesies burung.

Gunung Leuser memiliki puncak tertinggi 3.381 m dan merupakan salah satu taman nasional terbesar dan paling beragam di Indonesia seluas 7.927 km² di ujung utara Sumatera. Ketika melintasi pemandangannya yang luar biasa, para petualang sejati seperti Anda tidak akan kecewa ketika Anda menjelajah taman ini.

Tidak Hanya itu Anda dapat Melihat Konserfasi orangutan yang mengesankan. Temukan kelembutan primata ini ketika Anda coba berinteraksi dengan mereka. Hutan Gunung Leuser juga memiliki kekayaan buah-buahan tropis seperti mangga, rambutan, durian, alpukat, jeruk, pepaya, dan jambu biji.

Bentang Alam Gunung Leuser sangatlah luas, mencakup hutan bakau, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, dan sampai hutan subalpine. Dengar berbagai ekosistem, Gunung Leuser ini sebenarnya merupakan kelompok berbagai cagar alam dan hutan, yaitu: Cagar Alam Gunung Leuser, Kappi Cagar Alam, Cagar Alam Kluet, Sikundur-Langkat Wildlife Reserve, Ketambe Research Station, Singkil Barat, dan Dolok Sembilin.

Petualangan ke Gunung Leuser lebih dari sekedar petualangan besar ke kebun binatang sesungguhnya. Datang dan berkunjunglah ke sebuah desa kecil Ketambe yang ramah dimana penduduk lokal secara alami memiliki pengetahuan mengenai flora fauna di sini.

Jelajahi setiap jalan ketika Anda pergi ke taman ini. Melihat orangutan di alam mereka merupakan salah satu pengalaman terbaik dalam hidup Anda. Jadi, siapkan perlengkapan Anda untuk mempelajari kehidupan orangutan Di Kawasan Konserfasi ini Kegiatan lain yang Anda mungkin coba adalah mengunjungi gua kelelawar, hiking sepanjang sawah dan perkebunan karet, mengunjungi proyek-proyek sosial seperti sekolah bahasa Inggris gratis, rumah anak-anak dan klinik, dan pasar Jumat gembira. Anda juga bisa bergaul dengan beberapa penduduk setempat dan menikmati suasana santai di warung makan lokal.

Untuk perjalanan yang lebih menantang, Anda bisa hiking ke puncak Gunung Leuser, yang memakan waktu sekitar 10-14 hari. Desa kecil Angasan adalah titik awal pendakian yang terbaik.

Sangat dianjurkan ketika Anda pergi ke hutan dengan membawa beberapa pemandu lokal. Semua pemandu di sini terpercaya dan berlisensi, dan karenanya Anda tidak hanya akan aman tapi juga nyaman. (Dikutip dari web jejakkaimkusam).

Pagi ini dua anggota PM bertolak ke bandara Kuala Namu untuk memulai ekspedisi Leuser, yaitu Aulia Ibnu Syuja (PM.003/15) dan Muslim Abadi (PM.008/15).

PM siap!

Rihlah Santri Asy Syatibi Cileungsi ke Gunung Papandayan

  Alhamdulillah di era kepengurusan baru paska Mubes awal Oktober lalu, Petualang Muslim (PM) kembali mendapat kepercayaan untuk mendampingi 13 santri Ma’had Asy-Syatibi Cileungsi rihlah ke Gunung Papandayan Garut, 13~15 Desember lalu.

Dipandu empat orang anggota Divisi Gunung Hutan PM, acara bertajuk “Trip Bareng Disgunta PM, Siap Kenyang” ini, bertujuan untuk mengenalkan alam kepada para santri. “Sekadar pengenalan pendakian. Santai yang penting sampai,” jelas koordinator acara, Musthafa Abdul Hamid. Ingin lihat keseruan rihlah kawan-kawan Asy-Syatibi Cileungsi? Simak saja foto-foto berikut:

“Glamour Camp” ala PM. Nah, untuk sekolah/lembaga/pesantren yang ingin didampingi rihlah semisal kawan santri Asy-Syatibi, tim Petualang Muslim (PM) membuka kesempatan kerjasama bertajuk “Glamour Camp”. Selain menjadi pendamping kegiatan, PM juga memberikan pelayanan sesuai dengan tujuan dari pihak klien. Ini dimaksudkan agar tujuan dari rihlah dapat tercapai maksimal dengan kemasan perjalanan yang menyenangkan.

Selain mempunyai kemampuan dan pengalaman dalam manajemen perjalanan, ilmu navigasi, survival, tim work, serta pengelolaan acara, Petualang Muslim (PM) juga mempunyai akses ke sejumlah tempat rekreasi alam seperti gunung, hutan, sungai, laut, dan pantai. “Yang utama, tetap menjaga adab dan akhlak Islam dalam berpetualang,” jelas Musthafa.
Petualang Muslim siap membantu program rihlah, outbond, gathering, atau pendidikan berbasis alam dan kemandirian bagi sekolah, perusahaan maupun kelompok dan komunitas. Jika ada yang ingin diketahui lebih jauh mengenai support Petualang Muslim, sila menghubungi Petualang Muslim melalui telp dan whatsapp call center PM ke 0811-1331-555.

PM siap!

Petualang Muslim Ikut Latihan Penanggulangan Bencana Alam oleh Korem 051/WKT

Dalam penanganan bencana, diperlukan pengetahuan dan kompetensi mumpuni yang wajib dimiliki oleh relawan untuk mengimbangi potensi dan kompleksitas bencana. Diperlukan kesiapan dari tenaga relawan dalam menghadapi kejadian luar biasa. Menyadari hal tersebut, Petualang Muslim terus meningkatkan kompetensi anggota-anggotanya agar siap terjun ke situasi bencana yang memerlukan tenaga dengan skill khusus. Kali ini Petualang Muslim mengikutsertakan tiga anggotanya yakni Mustopha Hamid, Andes Tofani, Imam Syafi’i dalam Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang diselengarakan oleh Komando Resort Militer 051/Wijayakarta.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari pada tanggal 15 – 17 November 2017 tersebut diikuti oleh berbagai organisasi kebencanaan dan juga anggota TNI. Materi disampaikan oleh anggota-anggota militer yang memiliki kompetensi dan pengalaman terlibat dalam berbagai kebencanaan mulai dari penyiapan posko pengendalian yang mencakup pos kesehatan, pos pengungsian, dapur umum, dan pos penampungan perbekalan, hingga tehnik evakuasi LCR dan penyeberangan basah,

“Bencana pasti terjadi entah kapan, dimana, dan dalam bentuk apa. PM ingin mempersiapkan anggotanya dengan bekal keilmuan multi skill yang dapat diaplikasikan ketika bencana itu terjadi,” ujar Ketua Harian Petualang Muslim Wahid Kurniawan.

Berangkat dari pelatihan ini insyaaallaah akan dilanjutkan dengan sharing session kepada anggota PM yg lainnya agar ilmu yang didapat selama pelatihan juga terdisitribusi dengan baik di sesama anggota PM.

PM SIAP!

       

Penyerahan Bantuan Sumur Artesis Donasi Sahabat PM untuk Warga Cibatu, Garut

Alhamdulillaahiladzi bi ni’matihi tatimmusshaalihaat..

Sumur artesis hasil dari donasi Sahabat PM telah selesai dibuat dengan produksi air mencukupi. Serah terima telah dilakukan oleh Petualang Muslim kepada Kepala Desa Cibatu, Garut Utara, Bapak Dadang S. Yasin pada hari ini (4/11). Pembuatan sumur berkedalaman 56 meter dengan bentuk bangunan seperti tampak pada foto menghabiskan dana Rp. 20 jt.

Tunggu, menghabiskan? Tidak, sekali-kali tidak. Semua effort baik berupa uang maupun tenaga yang disumbangkan dalam pembuatan sumur ini insyaaallaah akan berbalas pahala yang akan terus mengalir. Uang yang Sahabat PM sampaikan agar sumur ini terwujud akan menjadi tabungan amal kebaikan yang terus menambah catatan amal kebaikan Sahabat PM sebagaimana janji Allaah jalla jalaluhu:

Dari Anas Radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, ”Rasulullaah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu) : Orang yang yang mengajarkan suatu ilmu, mengalirkan sungai, menggali sumur, menanamkan kurma, membangun masjid, mewariskan mushaf atau meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal.”

Itulah janji Allaah. Janji Allaah pasti benar dan pasti terjadi, dan Allaah sebaik-baik pemberi balasan.

Semoga Allaah senantiasa memberikan rizky berlimpah yang berkah bagi Sahabat PM yang telah berkenan berpartisipasi dalam project sumur di Desa Cibatu, dan senantiasa dinaungi taufik serta hidayah untuk selalu berbuat baik.

Jazakumullahu khairal jaza. Allaahu yubaarik fiikum.