Petualang Muslim Ikut Latihan Penanggulangan Bencana Alam oleh Korem 051/WKT

Dalam penanganan bencana, diperlukan pengetahuan dan kompetensi mumpuni yang wajib dimiliki oleh relawan untuk mengimbangi potensi dan kompleksitas bencana. Diperlukan kesiapan dari tenaga relawan dalam menghadapi kejadian luar biasa. Menyadari hal tersebut, Petualang Muslim terus meningkatkan kompetensi anggota-anggotanya agar siap terjun ke situasi bencana yang memerlukan tenaga dengan skill khusus. Kali ini Petualang Muslim mengikutsertakan tiga anggotanya yakni Mustopha Hamid, Andes Tofani, Imam Syafi’i dalam Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang diselengarakan oleh Komando Resort Militer 051/Wijayakarta.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari pada tanggal 15 – 17 November 2017 tersebut diikuti oleh berbagai organisasi kebencanaan dan juga anggota TNI. Materi disampaikan oleh anggota-anggota militer yang memiliki kompetensi dan pengalaman terlibat dalam berbagai kebencanaan mulai dari penyiapan posko pengendalian yang mencakup pos kesehatan, pos pengungsian, dapur umum, dan pos penampungan perbekalan, hingga tehnik evakuasi LCR dan penyeberangan basah,

“Bencana pasti terjadi entah kapan, dimana, dan dalam bentuk apa. PM ingin mempersiapkan anggotanya dengan bekal keilmuan multi skill yang dapat diaplikasikan ketika bencana itu terjadi,” ujar Ketua Harian Petualang Muslim Wahid Kurniawan.

Berangkat dari pelatihan ini insyaaallaah akan dilanjutkan dengan sharing session kepada anggota PM yg lainnya agar ilmu yang didapat selama pelatihan juga terdisitribusi dengan baik di sesama anggota PM.

PM SIAP!

       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *